Lengkeng Aroma Duren

Tuesday 14 April 2015

Lengkeng Aroma Duren


bibit-cangkokan-lengkeng-aroma-durian

Bangkok Thailand adalah daerah yang terkenal dengan buah unggulnya. Kami hadirkan disini Lengkeng yang berasal dari sana. Buahnya berbentuk bulat kurang lebih berukuran sebesar kelereng, daging buahnya berwarna putih bening dan berair. Ada jenis tertentu yang lapisan dagingnya berlapis 3. Rasanya sangat manis dan beraoma harum yang khas, berbiji bulat terdiri dari dua kepping dan dilapisi kuloit biji yg berwarna hitam. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mangandung karbohidrat , dengan sedikit minyak dan saponin.

Kelengkeng aroma durian mempunyai ciri daun yang cekung, hijau tua dan kaku hampir mirip dengan kelengkeng satu jari. Daun yang masih muda mempunyai warna hijau semu agak kemerahan, mempunyai tajuk kokoh, berdaging tebal, berbiji kecil, textur yang kering, memiliki kulit putih kecoklatan, serta memiliki aroma buah yang khas seperti aroma durian. karena aroma yang khas inilah mengapa kelengkeng ini dinamaikelengkeng aroma durian.

Cara Perawatan


Kelengkeng ini mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh kelengkeng lain. Kelengkeng aroma durian mudah beradaptasi dengan lingkungan dan lebih mudah berbuah dari pada jenis kelengkeng lain. Untuk masa berbuah kelengkeng aroma durian ini tidak jauh beda dengan kelengkeng unggul lainnya, yaitu secara vegetatif 8-12 bulan.

Cara Perawatan :
Cara perawatannya tidak jauh berbeda dengan kelengkeng pada umumnya, seperti pimpong, diamong, itoh dan sebagainya.

Yang pertama yaitu disiram dengan air setiap 2 kali sehari pagi hari dan sore hari. Bila kondisi tanah tanaman masih terlihat basah, maka cukup satu kali penyiraman saja cukup pada waktu pagi hari.

Kedua adalah pemupukan. Tanaman kelengkeng tidak berbuah bisa jadi karena tidak subur. Kondisi itu bisa disebabkan oleh kurangnya asupan gizi untuk tanaman misal pupuk. Maka dari itu, berilah pupuk dengan cara sebagai beriku. Pupuk ditaburkan melingkar sesuai dengan tajuk tanaman. Namun, jika tajuk tanaman sudah tumbuh melebihi diameter pot, pupuk ditaburkan sekitar satu jengkal dari pangkal tanaman. Setelah itu tanaman disiram.
Baca juga Derah yang cocok untuk tanaman kelengkeng.

Pengerokan Batang


Pelukaan/Pengerokan : Pada dasarnya pelukaan atau pengerokan batang tanaman untuk menghambat pengiriman zat-zat makanan yang dihasilkan daun ke akar, sehingga terjadi

pemupukan zat makanan di daerah tajuk.
Pengeringan atau stres air : kekurangan air akan memicu tanaman berbunga. Caranya tanaman kelengkeng dalam pot tidak disiram selama 2-3 hari. Setelah terlihat layu, tanaman disiram air sebanyak-banyaknya. Jika bunga tidak muncul juga, pengeringan bisa dilakukan lagi.

0 comments:

Post a Comment