Srikaya New Varietas

Sunday 1 March 2015

Srikaya New Varietas


bibit-cangkokan-srikaya-new-varietas

Srikaya New Varietas adalah srikaya yg berukuran jumbo dengan berat mencapai 8 ons perbuah berbeda dengan srikaya lokal pada umumnya. Ukuran tanaman juga lebih besar dan kokoh, dan cocok untuk dijadikan perkebunan atau hanya sekedar tanaman koleksi.Buah bertekstur lembut, tidak berpasir seperti srikaya lokal, aromanya yang harum dan memiliki biji relatif sangat sedikit .

Dikalangan penggemar tanaman buah jenis srikaya jumbo atau sering disebut srikaya new varietas sudah tak asing lagi. . Sebenarnya di pasaran terdapat berbagai jenis srikaya, seperti srikaya gundul, srikaya merah, srikaya non biji srikaya afrika (pride of Africa) dan masih banyak lagi, namun dalam kesempatan kali ini akan saya bahas mengenai srikaya jumbo Australia.. Seperti posting terdahulu (topic tanaman buah), yang membedakan srikaya jenis ini dengan srikaya lokal adalah terletak pada sosok tanaman yang kokoh, dengan ukuran daun lebih besar, dan tentu saja buah yang lebih besar dari buah srikaya lokal.

Ukuran Srikaya New Varietas


Tanaman dengan ukuran buah yang besar hingga mencapai berat 8 ons per buah ini sangat genjah dan rajin berbuah baik di dataran rendah maupun dataran menengah. Dengan daging buah yang bertekstur lembut, tidak berpasir seperti srikaya lokal, beraroma harum dan memiliki biji yang relatif sangat sedikit adalah merupakan kelebihan lain jenis srikaya ini. Dengan kelebihan yang dimiliki ini, srikaya jumbo layak dijadikan pilihan lain untuk dikebunkan atau dijadikan tanaman koleksi.

Buah mulus dapat diperoleh bila pembungkusan buah dilakukan semenjak buah pentil atau seukuran kelereng. Kalau kita telat membungkus buah akan diserang semacam cabuk / kutu putih, dan ulat pengerek buah yang mengakibatkan buah tidak mulus atau bahkan busuk sebagian.

Penyakit Srikaya New Varietas


Penyakit yang biasa menyerang tanaman ini adalah cabuk putih yang bersarang dibawah daun dan ulat serta belalang yang juga menyerang daun. Untuk penanganan dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida yang ada dipasaran sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Kadang kala kutu putih yang bersarang di bawah daun tidak mati oleh semprotan pestisida yang kita semprotkan, untuk itu dapat dicoba penyemprotan ulang dan jangan lupa tambahkan larutan sabun / detergen yang dicampur dengan pestisida. Larutan detergen / sabun dimaksudkan agar lapisan pelindung (lapisan lilin) pada cabuk putih dapat dihancurkan dan pestisida dapat mengenai cabuk secara kontak sehingga dia akan mati.

Pengembang biakkan tanaman ini pada umumnya dilakukan dengan cara okulasi (tempel mata), sambung susu ataupun sambung pucuk. Untuk okulasi, sambung pucuk dan sambung susu gunakan batang bawah (seedling) dari buah mulwo atau si nona. Batang bawah dari srikaya lokal bisa juga digunakan, akan tetapi pertumbuhannya lebih cepat bila menggunakan mulwo atau si nona.

bibit untuk tabulampot


Bibit dari sambung susu / okulasi / sambung pucuk akan belajar berbuah kurang dari 6 bulan dengan perawatan intensif. Lakukan penjarangan buah untuk mendapatkan hasil buah yang maksimal. Tanaman ini juga bisa dijadikan tabulampot, bahkan akan terkesan lebih eksklusif bila berbuah di media pot.

0 comments:

Post a Comment