Plum

Saturday 7 March 2015

Plum


bibit-cangkokan-plum

Buah yang termasuk dalam genus Prunis ini mungkin tidak sepopuler buah lainnya, namun buah plum banyak di gemari meskipun dengan harga yang tidak murah. Buah yang biasa disebut stone fruit ini memiliki segudang khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Buah plum memiliki bentuk dan warna yang berbeda di setiap Negara. Di Indonesia buah ini berwarna hijau kekuningan, rasanya manis asam, dan mengandung banyak air. Sedangkan di Negara Eropa buah ini berwarna merah keunguan, rasanya manis tetapi mengandung sedikit air. Lalu di Negara China buah plum berwarna hitam, dalam cerita mitologi China buah ini merupakan symbol khusus yang melambangkan kearifan, keabadian, dan kebangkitan.

Buah plum memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia, seperti mengandung phytonutrients atau yang biasanya di sebut dengan asam chlorogenik dan neochlorogenic yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan oksigen. Kandungan tersebut dapat melindungi terhadap kerusakan oksigen didalam sel otak karena kolesterol yang mengalir di dalam darah dan membrane sel. Black plum yang berasal dari Negara China dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit. Karena di dalam black plum memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, asam malat, asam oksalat, dan tanin. Meskipun ukuran buah plum ini kecil, namun buah ini merupakan sumber zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Annamalai university mengatakan bahwa ekstrak yang terbuat dari buah plum mampu meningkatkan hemoglobin.


Lokasi


Tanam pokok plum mdan letakkan di tempat yang menerima cahaya matahari sepenuhnya. Plum boleh ditanam di kawasan tanah rendah.

Menanam


Sebelum menanam, gaulkan baja organik (tinja ayam) denagn tanah yang elok salirannya dan biarkan baja mereput, iaitu kira-kira 1 hingga 2 minggu.

Tanam semaian pokok plum dengan mengeluarkan semaian daripada bekas semaian ke atas tanah atau pasu besar.

Jika tanam di kawasan yang luas, jarakkan 5 meter antara pokok. Jika tanam baka renek, jarakkan kira-kira 2 meter antara pokok.

Selepas menanam, tutup permukaan tanah sekeliling teduhan daun dengan sungkup kompos setebal 5 cm. Tambah sungkup kompos setiap 3 bulan.

Penjagaan


Di peringkat awal, siram pokok sekurang-kurangnya 2 hari sekali atau 5 cm air seminggu. Pangkas ranting mati atau ranting yang diserang penyakit. Merumput apabila perlu.

Apabila putik buah keluar, di peringkat awal cubit buang buah yang cela atau cacat dan biarkan buah yang subur sahaja iaitu 2 atau 3 biji setangkai.

Tuai


Buah sedia dipetik apabila ia budah luruh bila buah dipulas dari tangkai. Jika buah lemau dan luruh, kutip dan bakar untuk mengelakkan serangga perosak misalnya, lalat buah daripada membiak.

Penyakit


Pokok mudah diserang penyakit kulat. Pastikan aliran udara elok dan air tidak bertakung.

0 comments:

Post a Comment