Mangga Irwin

Friday 27 March 2015

Mangga Irwin


bibit-cangkokan-mangga-irwin

Mangga Irwin merupakan varietas mangga introduksi dari Australia, penampilannya cukup menarik warna merah keunguan juga memiliki rasa yang ramai. Warna merah yang muncul pada mangga Irwin disebabkan adanya hormon antosianin.Sementara klorofil pemberi warna hijau hanya tersisa sedikit terletak di ujung buah. Hormon antosianin berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 m

mangga Irwin yang ada di Indonesia berasal dari Darwin Australia Utara. kala itu ia dimintai tolong oleh pegawai dep. pertanian (ane lupa instansi dan tahunnya) yang baru pulang kunjungan dinas dari Darwin, Australia untuk menyilangkan bahan okulasi mangga yang dia bawa dari Australia dengan mangga lokal. Setelah berhasil okulasi dengan jenis mangga local maka diberi nama pada bibit mangga tersebut maka timbulah ide dengan memberi nama bibit mangga tersebut "Irwin" yang merupakan plesetan dari kata "Darwin" asal dari bahan okulasi yang dibawa pegawai Deptan.

Ciri-ciri mangga Irwin


Buah mangga Irwin berwarna merah pada pangkal buah, warna kuning di tengah serta warna hijau pada ujung buah. Warna merah muncul karena keberadaan hormon antosianin yang berasal dari glukosa yang diubah oleh sinar matahari bergelombang pendek-100-200 mµ-yang tak kasat mata.

rasa irwin nano-nano alias campur aduk manis dan asam, tapi enak. Jika dipanen matang, kualitas buah menurun. Tekstur lembek dan becek. Jika diangkut, buah gampang rusak.
Daging buah yang teksturnya padat agak berair. Serat cukup halus dan terasa sedikit bertepung-tanda kandungan pati lumayan tinggi. Rasa manis berkat kadar gula 12-15o briks serta sensasi asam yang menyergap bagian samping belakang lidah. Mangga Irwin di Majalengka panen raya pada Oktober-Januari.

0 comments:

Post a Comment