Nangkadak

Sunday 8 March 2015

Nangkadak


bibit-cangkokan-nangkadak

Nangkadak adalah varietas baru buah nangka, yang merupakan hasil perkawinan silang antara nangka dan cempedak. Produktivitas tanaman ini lebih tinggi dibandingkan varietas nangka biasa. Sayangnya, pohon buah ini belum familiar di masyarakat. Mungkin tidak banyak petani buah di Indonesia yang mengetahui bahwa sekitar dua tahun lalu telah muncul varietas baru dari buah nangka. Yakni, nangkadak. Sesuai dengan namanya, buah ini merupakan hasil perkawinan silang antara nangka berjenis kelamin betina dan buah cempedak yang berjenis kelamin jantan. Hasil perkawinan dua varietas nangka tersebut membuat produktivitas buah nangkadak lebih tinggi dibandingkan dengan nangka jenis biasa. Sebab, sejak ditanam dari biji, nangkadak hanya butuh dua tahun untuk berbuah. Padahal, pada umumnya, nangka baru berbuah pada usia 6 tahun.

Keuntungan Buah Nangkadak


Selain itu, nangkadak juga menghasilkan buah yang lebih banyak. Misalnya, di usia dua tahun, setiap pohon nangkadak sudah bisa menghasilkan antara 30 hingga 50 buah. Biasanya, satu buah nangkadak memiliki berat antara 2 kilogram (kg) hingga 3 kg. Jika dibandingkan dengan nangka biasa, ukuran buah nangkadak memang lebih kecil. Tapi, dengan jumlah buah lebih banyak dan dapat berbuah sepanjang tahun, buah ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tinggi pohon ini yang sekitar tiga meter membuatnya cocok ditanam di pekarangan rumah. Buahnya berbentuk silindris dan terlihat padat. Ketika buah nangkadak matang, aromanya terasa sangat lembut, tidak setajam aroma buah cempedak. Tekstur daging nangkadak juga lembut tapi tebal, dengan biji yang kecil. Dagingnya juga tidak lengket karena getah yang menempel sangat sedikit. Selain itu, daging buahnya berwarna kuning terang, sehingga menjadi pemikat untuk menyantapnya. Rasa buahnya, tentu saja sangat manis. Keunggulan lain buah ini adalah rasanya tidak terpengaruh kondisi cuaca. Buah nangkadak yang dipanen pada musim hujan pun tetap manis. Tidak seperti nangka atau varietas cempedak lain, yang rasa manisnya akan berkurang jika dipanen di musim penghujan.

Dimana tumbuhan ini masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, secara umum sosok tanaman dan tipe buah dari silangan ini lebih mengarah kepada cempedak, tetapi ukuran buah yang dihasilkan serta kualitas buahnya jauh lebih unggul dan berbeda dari induk aslinya. Bentuk buah nangkadak berbentuk silindris dan berkesan padat, aroma ketika buah matang terasa sangat lembut, tidak setajam cempedak, tapi lebih mengarah pada aroma nangka. Nangkadak memiliki tekstur daging buah lembut dan dami buah tidak lengket karena getah yang dihasilkan sedikit

Keunggulan lainnya dari buah ini adalah rasanya yang sangat manis dan tidak terpengaruh oleh kondisi lingkungan sekitarnya. Buah yang dihasilkan pada musim hujan pun tetap manis, tidak seperti nangka maupun varietas cempedak lainnya yang sedikit berkurang rasa manisnya, bahkan terasa hambar jika berbuah di musim penghujan.

Pohon nangka pada umumnya yang ketinggiannya dapat mencapai 6 sampai 8 Meter untuk menghasilkan buah, keunggulan Nangkadak adalah pada tinggi 2 Meter sudah dapat menghasilkan buah yang sangat lebat..Selain lebih manis, buah ini muncul sepanjang tahun, dan dapat mulai dipanen setelah berumur 2 tahun. Padahal, pada umumnya, nangka baru berbuah pada usia 6 tahun. Pohon nangkadak setelah berumur 2 tahun sudah bisa menghasilkan antara 30 hingga 50 buah.   Pohon Nangkadak ini sangat cocok ditanam di lahan pekarangan sempit karena ukuran pohonnya tidak terlalu besar. Dan pastinya taman atau pekarangan anda bisa lebih produktif.

Buah Nangkadak berukuran lebih kecil dibanding varietas lainnya, tapi nangkadak lebih cepat berbuah. Satu buah nangkadak memiliki berat antara 2 kilogram (kg) hingga 3 kg. Dagingnya juga tidak lengket karena getah yang menempel sangat sedikit. Selain itu, daging buahnya berwarna kuning terang, sehingga menjadi pemikat untuk menyantapnya. Rasa buahnya, tentu saja sangat manis. Keunggulan lain buah ini adalah rasanya tidak terpengaruh kondisi cuaca. Buah nangkadak yang dipanen pada musim hujan pun tetap manis. Tidak seperti nangka atau varietas cempedak lain, yang rasa manisnya akan berkurang jika dipanen di musim penghujan.

Keunggulan Buah Nangkadak :

  •     Aroma buah lembut, tidak terlalu kuat.

  •    Daging buah tebal & berwarna menarik (kuning orange).

  •    Rasa mendekati nangka dengan tingkat kemanisan tinggi (30° brix).

  •    Tekstur daging buah lembut tanpa serat. Ukuran buah sedang (3 – 5 kg).

  •    Tanaman memiliki sosok & tajuk yang kompak, pendek & rimbun.

  •    Tanaman berumur genjah (2 – 3 tahun). Produktivitas buah cukup tinggi (30 – 50 bh/phn/panen).

  •    Buah unik karena merupakan perpaduan nangka dengan cempedak.

0 comments:

Post a Comment