Miracle Fruit Afrika

Friday 13 March 2015

Miracle Fruit Afrika


bibit-cangkokan-miracle-fruit-afrika

Miracle fruit adalah nama tanaman buah yang berasal dari Sapotaceae. Tanaman ini menghasilkan buah yang apabila dimakan membuat rasa di lidah menjadi manis, merubah rasa apapun seperti makanan dan minuman asam, hambar atau pahit menjadi berasa manis dilidah. Hal ini dikarenakan buahnya mengandung zat yang disebut miraculin yang bisa merubah rasa dilidah menjadi berasa manis.

Buah miracle fruit, biasanya dikenal juga sebagai miracle berry, adalah salah satu buah yang sangat unik. Bernama ilmiah Synsepalum dulcificum, buah yang juga disebut sweet berry, miraculous berry ini berasal asli dari Ghana, Afrika Barat. Tinggi tanaman 6 s/d 15 kaki.

Jika Anda mencari buah yang unik, buah ini salah satu koleksi yang wajib dimiliki. Keunikan yang ada di buah ini tidak hanya di namanya, miracle, yang berarti ajaib atau keajaiban. Buah ini benar-benar dapat dibilang ajaib karena mampu mengubah rasa. Tanaman menghasilkan buah berry yang ketika dimakan membuat makanan-makanan yang rasanya asam (contohnya seperti lemon atau jeruk nipis) kemudian menjadi rasa manis. Efek perubahan rasa yang dirasakan oleh lidah pengecap ini dikarenakan adanya kandungan miraculin, yang juga secara global digunakan sebagai pemanis pengganti gula.

Buah berry Miracle Fruit di pohon


Miraculin sendiri adalah salah satu molekul glicoprotein, sedikit bercampur dengan rantai karbohidrat. Ketika daging buah miracle fruit dimakan, molekul ini terikat pada indera pengecap (taste buds) kita. Ketika pada kondisi asam (misalnya ketika kita mengonsumsi makanan asam), pH rendah, maka miraculin akan mengikat proton, sehingga akan mengaktifkan indera perasa manis di lidah kita (sweet receptors). Efek perubahan pengecapan rasa asam menjadi manis ini akan berlangsung sampai protein tersebut benar-benar hilang atau tercuci bersih oleh air liur kita (saliva).

Beberapa fakta dari buah ini:



  •  Model germinasi mirip seperti buah beach cherry

  • Jika ingin dibentuk bonsai (pendek tapi rimbun), tanaman bisa diletakkan di tempat yang terkena matahari full selama pagi s/d sore. Tapi kalau mau tanamannya cepat tinggi, silahkan ditaruh di tempat yang redup sedikit.

  • Masa germinasi/kecambah sekitar 3 minggu

  • Tidak ada teknik khusus untuk menumbuhkan biji miracle fruit, yang penting penyemaian berlangsung di tempat teduh tanpa terkena sinar matahari langsung

  • Tanaman miracle berry akan belajar berbuah pada umur tiga tahun, jika perawatan dan pemupukan teratur

  • Salah satu jenis tanaman buah yang cukup langka, bibit berupa tanaman muda setinggi 20 s/d 30 cm biasanya dijual seharga 60 sampai 85 ribu Rupiah (kisaran harga saat artikel produk ini dimuat pertama kali di website PondokTanaman.com)

  • Ukuran biji miracle fruit sebesar kapsul, bentuknya lonjong

  • Varietas yang kami jual ini adalah varietas yang lebih langka lagi dibanding varietas pada umumnya yang umumnya berdaun besar, satu pohon setinggi 1 meter harganya bisa diatas 400 ribu Rupiah (kisaran harga saat artikel ini dimuat)

0 comments:

Post a Comment