Mangga Kisawei

Tuesday 24 March 2015

Mangga Kisawei


mangga-kisawei

Mangga Kisawei masih termasuk mangga makan mentah seperti halnya Kiojay ataupun Koniyom. Artinya kalau dimakan dalam keadaan buah masih mentah rasa-nya sudah manis, dan tidak ada rasa asam. Ukuran buah berukuran sedang dengan bentuk mirip buah mangga golek.
Mangga adalah salah satu jenis tanaman buah yang sangat populer dan dikonsumsi secara luas di seluruh belahan dunia. Tanaman yang asal-usulnya berasal dari India ini, tersebar dan ditanam oleh banyak orang, baik sebagai tanaman individual di halaman rumah maupun dikebunkan secara komersial dalam skala kecil maupun skala besar-besaran. Kualitas buah mangga umumnya ditentukan oleh : kemudahan dalam berbunga dan berbuah, jumlah buah per pohon dan refleksi jumlah buah per satuan luas (produktivitas), persentase daging buah yang dapat dimakan, tekstur daging buah (padat, lembut, berair), bertepung atau tidak, berserat atau tidak, dan tentu saja tingkat kemanisan daging buah.

Species Mangga Yang Terkenal


Species mangga (Mangifera indica) juga dikenal memiliki beragam varietas yang layak untuk ditanam dan dikembangkan. Beragamnya varietas mangga tersebut, menyulitkan sebagian orang untuk mengindentifikasi varietas bibit mangga yang hendak mereka tanam, meski secara umum, morfologi bibit tanaman buah mangga adalah hampir sama. Beberapa varietas mangga menampilkan ciri morfologi yang sama, namun beberapa varietas mangga lainnya memiliki ciri morfologi yang berbeda, misalnya : daun muda berwarna hijau muda, hijau kekuningan, cokelat muda, cokelat tua, cokelat kemerahan, dan lain sebagainya. Persamaan atau perbedaan ciri morfologi ini yang dapat digunakan sebagai cara untuk membantu atau cara untuk memudahkan identifikasi varietas masing-masing.

Berikut adalah foto bibit dari beragam varietas mangga yang umumnya ditanam di Indonesia. Foto bibit yang ditampilkan terbatas pada mangga-mangga introduksi dari luar negeri, khususnya Thailand dan Australia dengan kualitas buah, khususnya rasa yang baik. Calon penanam akan lebih mudah mengidentifikasi varietas yang ingin ditanam dengan melihat penampakan morfologi bibit-bibit mangga tersebut.

0 comments:

Post a Comment