Mangga Sensation

Friday 20 March 2015

Mangga Sensation


bibit-cangkokan-mangga-sensation

Mangga Sensation adalah varietas mangga yang sangat unik dan produktif . Ketika memasuki fase generatifnya, pohon mangga Sensation akan dipenuhi oleh dompolan buah mangga berbentuk oval dengan berat yang dapat mencapai 500 gram per buahnya. Seringkali mangga yang memiliki ciri khas warna kulit merah gelap keunguan ini dijumpai memiliki paruh kecil di ujung buahnya.Daging buah mangga sensation berwarna kuning terang berserat sangat halus. Tekstur buahnya lembut dan aromanya wangi ringan, sesekali memunculkan sensasi ras asam menyegarkan dan dengan begitu awal mulanya mangga ini diberi nama mangga "Sensation". mangga ini sangat menarik apabila di tanam di pekarangan rumah, karena warna buah nya yang berbaeda dengan varietas lain, mangga ini cukup bagus dipandang.

setelah menunggu sekian lama, akhirnya bibit mangga sensation yang eksotik akhirnya masuk juga ke daftar koleksi mangga langka di kebun

Kehadiran mangga Sensation di Indonesia sebenarnya sudah cukup lama, namun belum banyak hobiis penggemar tabulampot yang mengetahui keberadaan mangga ini. Sejarah mangga Sensation sendiri dimulai dari penanamannya di North Miami, Florida pada tahun 1935. Selama beberapa dekade orang tidak mengetahui asal muasal silsilah dari mangga ini sampai beberapa tahun kemudian, dari analisis silsilahnya menunjukkan bahwa kemungkinan mangga Sensation merupakan mangga yang berasal dari persilangan antara mangga Haden dan mangga Brooks .

Enam tahun setelah penanaman tahun 1935 yaitu pada tahun 194, bibit mangga sensation yang ditanam dari biji menghasilkan panen buah pertamanya dan pada tahun 1949 pohon mangga tersebut dipindahkan ke pembibitan Carmichael di Perrine, Florida di mana ia mulai disebarkan keseluruh Amerika.

Mangga Sensation adalah varietas mangga yang sangat produktif. Ketika memasuki fase generatifnya, pohon mangga Sensation akan dipenuhi oleh dompolan buah mangga berbentuk oval dengan berat yang dapat mencapai 500 gram per buahnya. Seringkali mangga yang memiliki ciri khas warna kulit merah gelap plum ini dijumpai memiliki paruh kecil di ujung buahnya.

Daging buah mangga sensation berwarna kuning terang berserat sangat halus. Dengan tekstur buah yang lembut - juicy dan aroma wangi ringan, daging buah mangga sensation akan terasa di langit-langit mulut dengan sesekali memunculkan sensasi rasa asam menyegarkan yang merupakan awal dari pemberian nama "Sensation" pada mangga ini.

Warna Berbeda


Seperti kebanyakan warna kulit buah mangga introduksi luar Indonesia yang memiliki kulit berwarna merah - ungu, mangga Sensation yang ditanam di Indonesia juga tidak terlepas dari terjadinya perubahan warna. Perubahan warna mengga Sensation yang ditanam di Indonesia akan berwarna cenderung memiliki warna merah-ungu yang tidak terlalu gelap, berbeda dengan warna varietas yang ditanam di daerah sub-tropis yang berwarna merah-ungu gelap plum. Hal ini disebabkan karena warna merah gelap plum pada buah mangga Sensation muncul, disebabkan karena adanya hormon antosianin pada kulit buah. Hormon antosianin adalah hormon yang berasal dari glukosa yang peka akan gelombang pendek-100-200 mµ dari sinar matahari. Seperti halnya yang terjadi pada mangga Irwin dan Yuwen, antosianin berkumpul di pangkal buah dekat tangkai, kurangnya lama penyinaran matahari di Indonesia menyebabkan warna kulit buah mangga Sensation tidak tidak segelap varietas yang ditanam di daerah asalnya.

Cantik Di Kebun Sexy Di Dalam Pot


Mangga Sensation adalah mangga yang keberadaannya di kebun atau halaman akan membuat banyak orang memalingkan wajah untuk menatap gerombolan buah berwarna merah gelap plum ini di dalam pot, mungkin hanya mangga Yuwen lah yang dapat menyamai kharisma eksotis dari mangga Sensation.

Petunjuk Budidaya Mangga Sensation

Tidak seperti mangga Kensington Pride yang memerlukan keahlian lanjut untuk membuatnya berbuah , mangga Sensation adalah mangga yang cukup mudah dibudidayakan. Budidaya mangga Sensation dapat dilakukan sama halnya dengan budidaya mangga lainnya.

0 comments:

Post a Comment