Nangka Candle

Thursday 12 March 2015

Nangka Candle


bibit-cangkokan-nangka-candle

Nangka Candle bentuknya samapersis dengan jenis nangka pada umumnya, namun nangka ini memiliki keistimewaan daging buahnya yang tebal, tebalnya antara 0,60-0,75 cm lebih tebal dibandingkan dengan nagka lain. Tanaman nagka ini termasuk tanaman nangka yang langka.Daging buah nangka Candle sangat rapat satu sama lain, warnanya kuning cerah, rasanya manis dan renyahkarena kandungan airnya sediikit, bijinya pun berukuran kecilo cenderung kempis. Tanaman nangka ini cukup produktif mencapai 120 buah/pohon/ musim.

Cara Budidaya Buah Nangka – Budidaya Petani. Buah nangka sering kita jumpai di es campur, dengan aroma yang khas membuat buah nanas merupakan bahan yang harus ada. Berikut adalah Teknik Cara Budidaya Buah Nangka.

SEJARAH SINGKAT NANGKA


Nangka merupakan tanaman buah berupa pohon yg berasal dari India & menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia. Di Indonesia pohon ini memiliki beberapa nama daerah antara lain nongko/ nangka (Jawa, Gorontalo), langge (Gorontalo), anane (Ambon), lumasa/malasa (Lampung), nanal atau krour (Irian Jaya), nangka (sunda). Beberapa nama asing yaitu: jacfruit, jack (Inggris), nangka (Malaysia), kapiak (Papua Nugini), liangka (Filipina), peignai (Myanmar), khnaor (Kamboja), mimiz, miiz hnang (laos), khanun (Thailand), mit (Vietnam).

JENIS TANAMAN NANGKA


Di Indonesia lebih dari 30 kultivar di Jawa terdapat lebih dari 20 kultivar. Berdasarkan sosok pohon & ukuran buah nangka terbagi dua golongan yaitu pohon nangka buah besar & pohon nangka buah mini.

1) nangka buah besar: tinggi mencapai 20-30 m; diameter batang mencapai 80 cm & umur mulai berbuah sekitar 5-10 tahun.

2) nangka buah kecil: tinggi mencapai 6-9 m; diameter batang mencapai 15-25 cm & umur mulai berbuah sekitar 18-24 bulan.

Buah Nangka Berdasarkan kondisi daging buah nangka dapat dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu:

nangka bubur: daging buah tipis, lunak agak berserat, beraroma keras mudah lepas dari buah.

nangka salak: daging buah tebal, agak kering aromanya kurang keras. (nangka celeng & nangka belulang).

nangka cempedak: daging buah tipis, liat & beraroma harum spesifik. Varietas-varietas unggul nangka yg ditanam di Indonesia yaitu: nangka bilulang/nangka celeng, nangka cempedak, nangka dulang, nangka kandel, nangka kunir, nangka merah, nangka salak, nangka mini, & nangka misin.[jenis tanaman nangka]

MANFAAT TANAMAN NANGKA



  • Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran.

  • Tepung biji nangka digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran).

  • Daun muda dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak.

  • Kayu nangka dianggap lebih unggul daripada jati untuk pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, untuk tiang kuda & kandang sapi ( di Priangan), dayung, perkakas, & alat musik.

  • Pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional.[manfaat buah nangka]

SENTRA PENANAMAN NANGKA


Merupakan buah utama bahkan dianggap sebagai pangan pokok pada saat kekurangan pangan. Di Asia Tenggara, nangka terutama dipelihara di pekarangan & dikebun buah campuran; pada tahun 1980-an beberapa kebun buahnya yg luas ditanamai nangka sebagai tanaman tumpang sari dengan nangka. Karena buahnya mudah sekali busuk, tidak dapat dilakukan perdagangan ekspor ke Australia, Eropa & sebagainya dari pabrik-pabrik pengalengan di Malaysia.

SYARAT TUMBUH NANGKA


1. Iklim

Angin berperan dlm membantu penyerbukan bunga pada tanaman nangka.

Pohon nangka cocok tumbuh di daerah yg memilki curah hujan tahunan rata-rata 1.500-2.500 mm & musim keringnya tidak terlalu keras. Nangka dapat tumbuh di daerah kering yaitu di daerah-daerah yg mempunyai bulan-bulan kering lebih dari 4 bulan

Sinar matahari sangat diperlukan nangka untuk memacu fotosintesa & pertumbuhan, karena pohon ini termasuk intoleran. Kekurangan sinar matahari dapat menyebabkan terganggunya pembentukan bunga & buah serta pertumbuhannya.

Rata-rata suhu udara minimum 16-21 derajat C & suhu udara maksimum 31- 31,5 derajat C.

Kelembaban udara yg tinggi diperlukan untuk mengurangi penguapan.

2. Media Tanam

Pohon nangka dipelihara di berbagai tipe tanah, tetapi lebih menyenangi aluvial, tanah liat berpasir/liat berlempung yg dlm & beririgasi baik.

Umumnya tanah yg disukai yaitu tanah yg gembur & agak berpasir. Pohon ini hidup pada tanah tandus sampai subur dengan kondisi reaksi tanah asam sampai alkalis. Bahkan pada tanah gambutpun pohon ini dapat tumbuh & menghasilkan buah.

Pohon nangka tahan terhadap pH rendah (tanah masam) dengan pH 6,0-7,5, tetapi yg optimum pH 6–7.

Kedalaman air tanah yg cocok bagi pertumbuhan nangka adalah 1-2 m atau antara 1-2.5 m. Karena perakarannya sangat dalam, maka sebaiknya ditanam pada tanah yg cukup teball lapisan atasnya (kira-kira 1 m).

3. Ketinggian Tempat

Pohon nangka dapat tumbuh dari mulai dataran rendah sampai ketinggian tempat 1.300 m dpl. Namun ketinggian tempat yg terbaik untuk pertumbuhan nangka adalah antara 0-800 m dpl. [syarat tumbuh tanaman nangka]

0 comments:

Post a Comment