Nangka Mini

Tuesday 10 March 2015

Nangka Mini


bibit-cangkokan-nangka-mini

Sesuai dengan namanya nangka Mini, nangka ini berukuran kecil, berbeda dengan tanaman pada umumnya. Nangka Mini ketinggiannya hanya dapat mencapai 3-5 meter. Nangka Mini ini sangat cocok ditanam sebagai tanaman pekarangan rumah atau tabulampot. Nangka mini merupakan jenis tanaman yang genjah dapat berbuah setelah 4 bulan setelah pembungaan. Berat buah rata-rata 5-7,5 kg tidak seperti pada varietas tertentu yang dapat mencapai 15 kg. Tanaman nangka Mini idealnya di tanam di daerah ketinggian 700 m dpl dengan tanah yang gembur dan agak berpasir, sama seperti jenis tanaman nangka lainnya. Tanaman nangka mini memerlukan curah hujan tinggi yaitu antara 2.500-3.000 mm/tahun untuk dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.


Ciri & Umur Panen


Kematangan buah ditentukan melalui kriteria sebagai berikut:

  • Apabila buah tersebut dipukul-pukul dengan benda (misalnya punggung pisau) akan berbuyi nyaring.

  • Perubahan warna kulit buahnya dari hijau pucat ke kuning kehijau-hijauan atau kecoklat-coklatan.

  • Mengeluarkan bau yg khas atau aromanya harum.

  • Durinya mulai lunak & jarak satu duri dengan duri lainnya semakin lebar

  • Kulit buah terlihat seperti akan pecah.

1.Cara Panen

Cara pemetikan buah nangka matang ialah gagangnya dipotong dengan pisau tajam & buah nangka itu diturunkan dengan hati-hati. Pohon nangkayg berbuah besar berbuah pada umur 5-10 tahun sedangkan nangka mini pada umur 1,5-2 tahun. Pada umumnya buah masak setelah 8 bulan sejak bunganya muncul.

2.Periode Panen

Umur maksimum produksi buah 20-30 tahun, sesudah itu harus diremajakan. Hasil buah per tahun per pohon beragam umumnya berkisar 8-12 buah / pohon / tahun.


PASCAPANEN BUAH NANGKA


1.Pengumpulan

Buah nangka dikumpulkan oleh pemborong atau dibawa langsung ke pasar & dijual ke pedagang eceran atau dibelah & dilepas satu-satu untuk dijual langsung ke konsumen.

2.Penyimpanan

Daging buah nagka yg tebal itu seringkali diekstrak, dibersihkan, & dijual dlm keadaan ekstrak segar. Jika persediaan melimpah, buah nangka diawetkan, caranya ialah: daging buah dipisahkan dari bijinya, kemudian dicuci, dipipihkan, & dijemur ditambah gula atau sirop, atau tanpa diberi apa-apa. Hasil olahan ini dijual sebagai kue kering. Di semenanjung Malaysia dilakukan pengalengan.

3.Penanganan Lain

Daging buah nangka digunakan untuk mengharumkan es krim & minuman/dijadikan madu nangka, konsentrat, atau tepung & dimanfaatkan dlm pembuatan minuman. Biji nangka bisa dibuat tepung biji nangka yg dicampurkan ke dlam tepung gandum untuk pembuatan roti. Penggunaan tepung biji nangka sebagai bahan substitusi sebagian tepung terigu dlm pembuatan cookies & BMC (Bahan Makanan Campuran).

0 comments:

Post a Comment